Blog

Tips Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Kembali Kinclong

Deskripsi: Membersihkan kaca jendela terkadang meninggalkan noda buram dan menjadi hal sulit. Cara membersihkan kaca jendela tanpa buram dan kembali kinclong bisa Anda baca di sini!

===

Membersihkan kaca jendela terkadang meninggalkan noda buram dan menjadi hal sulit. Cara membersihkan kaca jendela tanpa buram dan kembali kinclong bisa Anda baca di sini!

Sering kali, Anda harus bersusah payah membersihkan sampai ke sudut terdalam namun malah hasilnya mengecewakan. Padahal, sebenarnya membersihkan kaca sangat mudah jika tahu tipsnya. Simak bahasan di bawah ini.

Tips Membersihkan Kaca Jendela dengan Efektif dan Efisien

  1. Bersihkan Kaca Saat Cuaca Mendung

Jangan pernah membersihkan kaca jendela saat sinar matahari terik. Memang saat cuaca cerah, noda-noda di jendela akan terlihat semua. Namun, suhu yang panas akan membuat sabun pembersih cepat mengering. Ini malah membuat Anda boros.

Bukan hanya boros, sabun yang mengering dan tertinggal akan meninggalkan noda dan Anda harus bekerja dua kali. Biasakan membersihkan kaca jendela saat sinarnya tidak terlalu terik atau mendung. Ini lebih baik karena suhunya rendah dan aman dari keringnya sabun.

  1. Bersihkan dengan Aturan ‘Dari Atas ke Bawah’

Cara ini memudahkan Anda membersihkan kaca. Alasannya, gaya gravitasi Bumi membuat cairan sabun turun ke bawah. Saat Anda semprotkan sabun, cairannya akan mengalir dan mengisi ruang kosong di bawahnya. Ini lebih cepat membantumu dalam membersihkan kaca.

Dari teknik atas ke bawah, Anda juga lebih santai. Kotoran yang selesai dibersihkan tidak akan mengalir ke bawah karena dibersihkan sesuai gaya gravitasi. Anda pun tidak cepat lelah dengan harus jongkok dulu lalu berdiri.

  1. Gunakan Sarung Tangan

Membersihkan kaca jendela mengakibatkan tangan kotor karena memegang lap. Apalagi jika memakai lap berupa koran. Noda tinta dari kertas koran menimbulkan warna hitam di tangan.

Anda bisa membersihkan kaca jendela dengan menggunakan sarung tangan. Sarung tangan juga melindungi Anda dari goresan tepi kusen jendela dan membuatnya tak selip saat memegang lap.

  1. Pergunakan Lap dari Bahan-bahan yang Ada di Rumah

Selain lap biasa, lap dadakan di bawah ini memiliki keunggulan dalam membersihkan kaca jendela menjadi kinclong kembali.

  • Koran

Cara membersihkan kaca jendela dengan koran dipakai banyak orang karena sangat ampuh membersihkan kaca dan membuatnya berkilau.

Jika tidak suka noda tinta yang menempel di tangan, gunakan sarung tangan.

  • Kaos Bekas

Selain kertas koran, kaos bekas Anda bisa berfungsi kembali menjadi lap membersihkan kaca. Kain kaos tidak meninggalkan residu serat. Bahan ini juga dapat menyerap noda yang sudah bercampur dengan air sabun. Selain kaos Anda berguna kembali, Anda bisa lebih hemat juga tanpa harus membeli lap kaca.

  • Cotton Bud

Setelah selesai membersihkan, kotoran kaca biasanya mengumpul di sudut kaca dan membandel. Anda bisa menggunakan cara membersihkan noda kaca yang membandel di sudut kaca dengan cotton bud karena ukuran ujungnya yang kecil. Apalagi bahan kapas di ujungnya menyerap kotoran dengan cepat.

Jangan lupa semprot sabun ke sudut yang kotor. Arahkan ujung cotton bud dan bersihkan hingga kotoran hilang.

  • Kertas Penyaring Kopi

Daya serap kertas penyaring kopi terhadap air sangat tinggi. Penyerapannya pun tanpa meninggalkan bekas. Anda bisa menggosok kaca dengan kertas ini dari dua arah saling tegak lurus agar kotoran tidak tersisa.

  • Sikat Gigi Bekas

Selain cotton bud, Anda juga bisa memakai sikat gigi bekas. Sikat gigi bisa menghilangkan kotoran sudut jendela.

  1. Pakai Bahan Pembersih Alami yang Ada di Rumah

Bahan di rumah juga bisa Anda pakai untuk membersihkan kaca jendela, misalnya:

  • Odol

Saat membersihkan, biasanya akan menghasilkan goresan. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan odol. Siapkan lap lembut dan oleskan odol sedikit di ujung. Gosokkan selama 30 detik pada kaca. Ulangi dengan menggosok kaca dengan lap bersih untuk menghilangkan noda odol.

  • Cuka

Cuka memecah kandungan minyak yang biasanya terdapat dalam kotoran yang menempel pada permukaan kaca. Anda bisa menggunakan cara membuat pembersih kaca dengan bahan dasar cuka.

Siapkan cuka dan air, ukur volumenya dengan perbandingan yang sama. Misalnya buat cairan cuka segelas cuka dicampur dengan segelas air. Kocok dan semprotkan pada kaca jendela..

  • Baking Soda

Jika kaca jendela sudah sangat buram, Anda bisa memakai baking soda untuk menuntaskannya. Caranya, buat campuran baking soda dengan melarutkannya pada air. Semprotkan pada kaca jendela dan lap dengan kain flanel. Kaca buram akan menjadi kinclong lagi.

Bagaimana, Anda sudah tidak sabar menggunakan cara membersihkan kaca jendela ini? Kaca jendela Anda akan kembali kinclong dengan menerapkan tips-tips tadi.

Halo, silakan
1
Monggo, ada yg bisa kami bantu?
Powered by