Blog

Tips Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan untuk Atap Rumah

Tips Menghitung Kuda Kuda Baja Ringan untuk Atap Rumah

Deskripsi : Rumus kuda kuda baja ringan harus Anda ketahui agar penghitungan kebutuhan baja ringan untuk atap sesuai. Dengan penghitungan benar atap juga tidak akan roboh.

===================

Baja ringan sekarang ini menjadi primadona dalam pembuatan rumah. Selain kuat, baja ringan juga lebih murah harganya. Untuk pembuatan atap rumah dengan baja ringan diperlukan penghitungan rumus kuda kuda baja ringan yang tepat.

Penghitungan kuda kuda pada atap rumah haruslah tepat agar atap kokoh dan tidak ambruk. Dengan penghitungan yang tepat Anda juga bisa memperkirakan kebutuhan baja ringan yang akan digunakan untuk atap rumah.

Cara Menghitung Kuda Kuda Atap Rumah untuk Atap Rumah

Dalam penghitungan kuda kuda baja ringan yang perlu diperhitungkan adalah ketinggian, kemiringan, dan overstek. Overstek atap harus diperhitungkan karena akan menunjang kekokohan dari kuda-kuda atap yang akan dibuat.

Penghitungan rumus kuda kuda baja ringan menggunakan konsep dasar rumus trigonometri yaitu cosinus dan tangen. Sebelum menghitung rumus kuda kuda atap baja ringan Anda perlu untuk mempersiapkan alat ukur berupa meteran dan kalkulator ilmiah.

Anda tidak bisa memperkirakan perhitungan kuda kuda atap baja ini. Hal ini dikarenakan salah perhitungan saja maka bisa berakibat fatal.

Sebelum menghitung kuda kuda atap maka Anda perlu mengetahui lebar dan panjang rumah terlebih dahulu. Ada 3 rumus yang digunakan untuk menghitung kuda kuda atap rumah yaitu:

1. Ketinggian Atap

Rumus untuk menghitung ketinggian atap ini adalah lebar bangunan dikalikan setengah lalu dikalikan dengan tangen kemiringan sudut atap. Jika dituliskan dalam bahasa matematika adalah : ½ x lebar bangunan x tan a.

2. Kemiringan Atap

Untuk menghitung kemiringan atap rumus yang digunakan masih sama yaitu lebar bangunan dikalikan setengah lalu dikali dengan cosinus sudut kemiringan. Jika dituliskan dalam bahasa matematika adalah : ½ x lebar bangunan x cos a.

3. Overstek

Untuk menghitung overstek rumus yang digunakan sama dengan cara untuk menghitung kemiringan atap. Namun yang digunakan adalah panjang dari overstek yang diinginkan. Jadi rumusnya : panjang overstek x cos a.

Contoh Menghitung Rumus Kuda Kuda Atap Rumah

Agar Anda lebih paham bagaimana cara membuat jarak kuda kuda baja ringan untuk atap disini akan diberikan contohnya. Misalnya saja sebuah rumah dengan ukuran 8 m x 15 m dengan sudut kemiringan 30 derajat. Sedangkan oversteknya adalah 80 cm.

Untuk membuat kerangka atap baja ringan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ketinggian atap. Dengan rumus yang sudah dijelaskan maka didapatkan tinggi atap adalah :

T (tinggi) = ½ x 8 m x tan 30 = 4 m x 0,577 = 2,308 m

Kemudian langkah selanjutnya adalah mencari kemiringan dari atap. Kemiringan atap dimisalkan sebagai s, jadi didapatkan :

S = ½ x 8 m x cos 30 = 4 m x 0,866 = 3,464 m

Selanjutnya Anda harus mencari overstek dari atap rumah yang akan dibuat ini. Dengan overstek 80 cm didapatkan hasil :

Os (overstek) = 80 cm x cos 30 = 80 cm x 0,866 = 69,28 cm = 0,6928 m

Berdasarkan hasil yang tadi total panjang dari sisi sayap adalah 3,464 m + 0,6928 m = 4,1568 m.

Cara Menghitung Reng Genteng Atap Rumah

Setelah menghitung kuda kudanya maka selanjutnya adalah menghitung kebutuhan reng untuk genteng. Untuk menghitung reng genteng ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu jarak genteng. Pada umumnya jarak genteng untuk atap baja adalah 0,32 m.

Untuk menghitung reng ini juga menggunakan total panjang dari sisi sayapnya dan panjang bangunan. Berdasarkan contoh yang sudah dijelaskan bahwa panjang bangunan adalah 15 m dan total panjang sisi sayap adalah 4,1568 m, maka diperoleh rumus reng :

4,1568 m x 0,32 m x 12 = 15,962

Hasil ini perlu dikalikan dua karena sisi atap terdiri dari 2 sayap. Sehingga hasilnya menjadi 15,962 x 2 = 31,924 m.

Perhitungan baja ringan untuk kuda-kuda atap ini harus dilakukan secara detail dan benar. Jika terjadi kesalahan kecil saja bisa berakibat fatal terhadap kekokohan atap bangunan rumah Anda.

Dengan rumus kuda kuda baja ringan yang sudah dijelaskan ini tentunya Anda semakin paham bukan? Pastikan Anda menggunakan baja ringan yang berkualitas agar tidak mudah rusak.

 

 

Halo, silakan
1
Monggo, ada yg bisa kami bantu?
Powered by