Blog

Pengertian dan Penjelasan pondasi cakar ayam? Kelebihan dan Bagaimana Membuatnya

pondasi cakar ayam
  • Pengertian dan Penjelasan pondasi cakar ayam? Kelebihan dan Bagaimana Membuatnya
  • Deskripsi: Pondasi cakar ayam cocok diterapkan pada proyek konstruksi di atas lahan yang lembek. Inilah kelebihan dan cara membuatnya.
  • ===========
  • Pondasi dapat dibilang unsur terpenting dalam suatu bangunan karena mempengaruhi kekuatan dan daya tahan bangunan tersebut. Salah satu yang paling populer di tanah air adalah pondasi cakar ayam yang digagas pertama kali oleh Prof. Ir. Sedyatmo Dr HC di tahun 70-an.
  • Walaupun mungkin sering menggunakannya, tahukah Anda tentang pondasi karya anak bangsa ini? Simak ulasannya.
  • Definisi Landasan Cakar Ayam
  • Cakar ayam merupakan sistem rekayasa teknik dalam pembangunan pondasi bangunan. Dinamakan cakar ayam karena konstruksi tersebut mirip kaki satwa unggas itu. Di bagian dalam pondasi terdapat jari-jari berkuku terbuat dari pipa-pipa beton yang tertanam mencengkram tanah.
  • Tujuan diterapkannya sistem ini adalah untuk membuat bangunan berdiri kokoh dan tahan lama hingga bertahun-tahun. Dengan memperhatikan gambar detail pondasi cakar ayam Anda tentu dapat membayangkan bagaimana metode ini mampu menjamin daya tahan bangunan.
  • Selain untuk gedung atau hunian, pondasi karya Sedyatmo ini juga diterapkan pada pembangunan landasan airport, rel kereta api, dan jalan raya. Sistem cakar ayam sangat direkomendasikan sebagai pondasi pada struktur tanah berawa dengan tekstur lembek.
  • Kelebihan Metode Cakar Ayam Untuk Bangunan

Tak hanya di Indonesia, sistem ini juga diapresiasi di mancanegara karena dianggap mampu menjadi solusi untuk berbagai masalah dalam proyek konstruksi. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan pondasi cakar ayam, hingga kini sistem landasan tersebut masih cukup umum diterapkan.

Berikut ini beberapa keunggulannya.

  1. Dapat diterapkan pada lahan yang kurang kokoh

Sebagaimana tujuan awal dirancangnya sistem rekayasa ini, cakar ayam sangat efektif untuk menopang bangunan pada dasar tanah lembek, bahkan hingga berair. Penggunaan pondasi ini tak akan membuat tanah bergeser, longsor, atau ambles.

2. Tanpa drainase

Pondasi ini tak memerlukan sambungan kembang kusut dan drainase karena dibuat dari beton dapat yang sangat kokoh. Dengan begitu proyek konstruksi menjadi lebih hemat dari aspek dana, waktu, serta material.

3. Sesuai untuk kondisi geografis di Tanah Air

System pondasi ini cocok digunakan pada berbagai wilayah di Indonesia terutama yang kondisi lahannya bertekstur lembek. Ini misalnya dataran berawa, persawahan, dataran rendah, dan sejenisnya.

4. Bangunan menjadi semakin kokoh dan awet

Walaupun didirikan di atas tanah yang kurang stabil, bangunan akan tetap kokoh dan tahan lama. Ini karena pondasinya dapat menembus sampai bagian terdalam tanah. Pemilihan bahan beton padat pada seluruh pondasi juga menjamin keawetan bangunan.

Cara yang Benar Untuk Menerapkan Metode Cakar Ayam

Untuk yang berniat menerapkan sistem tersebut untuk rumah yang ingin dibangun, Anda bisa mengunduh dahulu pondasi cakar ayam Autocad di internet. Selanjutnya Anda bisa melakukan modifikasi untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan di lapangan dan mendapatkan gambaran lebih detail .

Nah, inilah langkah-langkah membuat landasan cakar ayam untuk hunian Anda.

  • Mematok besaran dana

Dalam menentukan jumlah ongkos konstruksi, bagian yang dijadikan pedoman adalah ukuran diameter besi ulir yang harganya saat ini berkisar Rp 300.000,00.

Selain itu Anda juga perlu memperhitungkan upah tukang, misalnya dengan sistem borongan dengan bayaran antara Rp 75.000,00 sampai Rp 100.000,00 per hari.

  • Rangka baja yang dibutuhkan

Untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan, pastikan Anda menggunakan hanya rangka baja berkualitas terbaik. Alasannya tentu saja agar rumah yang Anda bangun dapat bertahan hingga bertahun-tahun dalam berbagai kondisi cuaca.

Jika Anda tidak menguasai hal ini, jangan ragu untuk mengajak orang yang lebih ahli dan berpengalaman dalam hal proyek konstruksi.

  • Membangun dasar pondasi

Bagian dasar pondasi dibuat dengan memperhatikan beban bangunan serta kondisi lahan tempat berdirinya bangunan. Secara umum landasan pondasi ini dibuat dari pipa besi dengan jarak poros antara 2 cm sampai 3 m.

Sementara garis tengahnya berukuran 1,2 meter serta ketebalan 8 cm. Untuk plat betonnya biasanya dengan ketebalan antara 10 cm sampai 15 cm.

Struktur dasar pondasi ini dapat digambarkan terdiri dari tiga bagian utama, yaitu besi tulangan kolom dan begel untuk memperkuat bagian tengah. Begel ini juga berfungsi sebagai penopang pada tulangan kolom di sisinya.

Demikianlah informasi tentang kelebihan dan pembuatan pondasi cakar ayam. Semoga bermanfaat!

 

 

Halo, silakan
1
Monggo, ada yg bisa kami bantu?
Powered by