Deskripsi Proyek

Pada bulan Juli 2020, kami diminta survey oleh seorang klien kami bernama Pak Tyo yang berlokasi di Jalan Kaliurang. Kami sempat surprise karena ternyata beliau menghubungi kami setelah dapat rekomendasi dari Klien yang kami bangun rumahnya 2 tahun lalu di Sinduadi, yaitu Pak Wiji.

http://niscayaarsitek.com/project/renovasi-rumah-minimalis-modern-bapak-wiji-di-yogyakarta/

Beliau menginginkan membangun rumah disebelah rumah yang sudah ada, akan tetapi dengan susunan denah yang baru dan lebih fresh dari rumah yg sekarang ditempati. Ketika survey, kami dapati ternyata di lahan yang akan dibangun sudah terpasang kolom2 struktur di sisi-sisi tepi tanah.

Rumah yg sekarang dan lahan eksisting (terihat sudah ada kolom-kolom struktur)

dan berikut denah yg telah fix setelah 3 kali diskusi.

Denah Mr. Tyo

Kamar utama terletak di lantai 1, sementara 3 kamar anak dan 1 kamar ART berada di lantai 2 yang disusun berderet seperti kamar kos2an. Di selasar depan kamar terdapat skylight agar pencahayaan bisa masuk maksimal. Begitupun diatas ruang tangga dipasang solartuff agar ruang tangga terang. Secara umum tata ruang rumah ini simpel dan lebih berbasis fungsi disertai pencahayaan yang baik.

Berikut desain 3D nya

Desain 3D Rumah Mr. Tyo

 

Dalam sebuah perencanaan rumah pun bangunan, biasanya prosedurnya adalah jika denah Arsitek sdh jadi, baru setelah itu didesain strukturnya. Jadi Struktur mengikuti tata ruang/denah si Arsitek. Akan tetapi pada proyek ini berkebalikan. Berhubung kolom-kolom struktur sudah ada, baru setelah itu didesain denah Arsiteknya, itupun tanpa melihat keberadaan kolom-kolom eksisting, maka hal ini menjadi sesuatu yang perlu kehati-hatian dalam mendesain strukturnya. Alhamdulillah tim kami komplit termasuk orang civil struktur didalamnya, tentunya ini memberikan pelayanan yg plus kepada klien-klien kami.

 

continued..

 

 

 

 

Bagikan