Deskripsi Proyek

Nama proyek : Rumah Mr. Sugeang

Lokasi : Yogyakarta

LB/ LT : 55/85

Tahun perencanaan : 2020

Dalam kesempatan kali ini kami akan menceritakan tentang salah satu Desain dan Denah Perumahan Modern Minimalis Mr. Sugeng di Yogyakarta dimana desain rumah ini merupakan rumah yang nantinya akan digunakan sebagai contoh desain perumahan. Kebetulan desain rumah ini juga akan di-launch dalam waktu dekat ini. Tak mudah menentukan konsep desain rumah bila sudah dikaitkan dengan market penjualan yang ingin dicapai. Sebenarnya owner sudah memiliki pilihan atau gambaran mau diapakan rumah ini nantinya, tapi yang jadi pertimbangan saya adalah budget. Rumah terlalu mahal juga tak mudah laku, namun terlalu murah pun akan menghasilkan desain yang tidak memuaskan dan ujung2nya customer pun jadi tak minat. Lalu bagaimana seharusnya? Saya tak akan membahas ini karena terlalu panjang. Saya hanya bicara teknis desain aja yah.Rumah dengan lebar lahan yang relative besar yaitu 10 m, dan Panjang 8,5 m yang merupakan ukuran ideal untuk perumahan adalah luasan yang cukup ideal untuk sebuah konsep rumah dengan sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Tentunya luasan ini juga mempertimbangkan sisi marketingnya, misalnya agar lebih mudah dijangkau dari sisi daya belinya. Alhasil didapatkan dua kamar tidur  yang cukup besar, satu diantaranya memiliki kamar tidur dalam agar rumah ini memiliki sisi plus  yang tidak dimiliki tipe +/- 55m2 secara umum. Trend plafond yang tinggi pada rumah modern juga dimiliki rumah ini.

Denah layout rumah yang biasanya sering kita lihat di perumahan- perumahan pada umumnya. Perumahan dengan fasilitas yang cukup lengkap yaitu 2 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, dapur, t. cuci dan jemur. Untuk ruang servis sengaja saya letakkan di bagian kanan bangunan dan untuk private room yang diletakkan di bagian kiri bangunan. Antara ruang tamu dan ruang keluarga sengaja tidak diberikan sekat agar memberikan kesan lebih luas, sedangkan untuk ruang keluarga sengaja diletakkan di samping taman belakang dengan tujuan agar mendapatkan pemandangan yang baik. Dapur sengaja di letakkan sebelah kanan bangunan dengan adanya akses pintu keluar ke carport dengan tujuan agar untuk second akses jika ada tamu yang datang ke rumah dapat lewat melalui dapur tanpa melewati ruang tamu.

Fasad Bangunan

Tampak/fasad bangunan dengan meggunakan langgam modern tropis. Dengan beberapa sentuhan yang bolehlah dianggap ciri khas rumah minimalis modern. Secara teknis menurut saya, istilah rumah tropis terletak pada pemanfaatan tirisan atap yang lebih panjang dan jendela-jendela yang relatif besar untuk memanfaatkan sisi keuntungan iklim tropis di Indonesia. Untuk menguatkan sisi tropis dari sisi finishing, warna krem, coklat disertai paparan batu alam ciri khas tropis, saya coba sematkan di wajah rumah ini. Kesan  modern itu memang relatif, saya harap model rumah ini cenderung up to date  nantinya dalam jangka yang cukup lama. Untuk caport sengaja sekalian didesain dengan penutup minimalisan, tapi ini optional sesuai dengan budget dari owner.

Semoga postingan ini membawa manfaat dan inspirasi bagi sahabat sekalian.Untuk tahu lebih lanjut tentang konsep bangunan ini dapat hubungi kami atau langsung dating ke kantor kami alamat dan kontak sudah kami cantumkan. Terimakasih

 

 

 

Bagikan