Deskripsi Proyek

Nama proyek : Kantor Situs Ngonoo

Lokasi : Yogyakarta

LB/ LT : 200/>400

Tahun perencanaan : 2020

Desain Kantor Industrial dengan Rooftop www.ngonoo.com di Yogyakarta, kami mendapatkan request yang belum pernah kami kerjakan, yaitu sebuah bangunan yang difungsikan sebagai kantor. Kantor yang terletak di Wonosari, dengan konsep kantor zaman modern sekarang yaitu co-working space dimana biasanya mengusung konsep industrialis. Karena dalam 1 lingkup lahan sudah ada bangunan café sebelumnya yang mengusung konsep yang sama sehingga kami juga perlu mempertimbangkan itu, yaitu dengan tetap memikirkan satu kesatuan dengan bangunan yang sebelumnya. Kantor ini di desain tanpa sekat di dalamnya bertujuan agar dapat menampung karyawan lebih banyak dan ruangan terkesan lapang. Dengan menghadirkan banyak bukaan bangunan ini diharapkan dapat memanfaatkan energi alam yaitu cahaya matahari dan udara alami. Walaupun bangunan ini jauh dari kata bangunan ramah lingkungan tapi kami mengharapkan bangunan ini dapat menfaatkan energi alam semaksimal mungkin. Berikut akan kami jelaskan ulusan untuk desain bangunan ini.

 

Denah lantai 1 yang rencananya akan di fungsikan sebagai kantor dan service room. Untuk lantai 1, sengaja ruangan di konsepkan semi publik yang bertujuan untuk menerima tamu dengan dilengkapi fasilitas smooking area dan pantri. Lantai 1 karena dilengkapi dengan smooking area maka kami perlu menghadirkan bukaan agar asap rokoknya dapat langsung keluar, sehingga kami menambhakan kolam ikan di dalamnya agar kesannya lebih asri. Service room sendiri sengaja di letakkan di kanan bangunan dengan akses dari luar sehingga tamu yang datang ke kantor atau pengunjung cafe dapat mengaksesnya tanpa mengganggu privasi kantor. Tangga ke lantai 2 dan rooftop sengaja diletakkan di luar selain untuk menghemat tempat juga bertujuan untuk menghemat budget karena tidak perlu membuat tangga sendiri untuk akses ke rooftop melainkan aksesnya gabung dengan kantor. Dengan menggunakan material beton sesuai dengan permintaan owner.

Untuk denah layout lantai 2, saya desain lebih private karena lantai 2 saya fokuskan untuk area kantor dan area meeting. Dengan dilengkapi fasilitas toilet dengan wastafle di luarnya.

 

Bangunan ini juga dilengkapi dengan rooftop yang difungsikan untuk cafe atau bisa digunakan untuk kantor dengan konsep outdoor sehingga kalau ada karyawan yang merasa jenuh berada dalam ruangan dapat menggunakan area ini untuk merefresh otak. Rooftop ini di desain seperti cafe- cafe di Jogja zaman sekarang.

Style bangunan industrialis dapat dilihat pada tampak/fasad bangunan ini, yaitu dengan penggunaan material yang dapat menonjolkan style ini. Misalkan penggunaan alumunium pada kusen pintu dan daun pintu, selain itu juga digunakan pada kusen dan daun jendela.  Material alumunium juga di gunakan pada railing balkon dan railing tangga dengan finishing warna hitam agar lebih mencerminkan kesan industrialis itu sendiri. Pada bangunan dengan konsep industrialis ini, biasanya menggunakan material batu bata ekspos dan tembok dengan unfinished.

 

3D perspektif bangunan kantor

3D perspektif bangunan kantor

Dalam tampak bangunan ini saya menambahkan aksen kayu dengan material grc/konwood untuk memberikan kesan lebih dinamis saja. So, selera itu relatif. Bagus itu juga relatif namun setidaknya unsur kenyamanan menjadi unsur utama yang perlu ketika perhatikan kita membangun rumah.

Semoga posting ini membawa manfaat dan inspirasi bagi sahabat sekalian.Untuk tahu lebih lanjut tentang konsep bangunan ini dapat hubungi kami atau langsung datang ke kantor kami alamat dan kontak sudah kami cantumkan. Terimakasih.

 

 

 

Bagikan