Deskripsi Proyek

Nama proyek : Rumah Tinggal Mr. Sigit

Lokasi : Yogyakarta

LB/ LT : 140/ 180

Tahun perencanaan : 2018

Kali ini saya akan berbagi tentang Membangun Rumah Tropis Modern Minimalis Mr. Sigit di Yogyakarta yang menganut langgam rumah tropis modern, dengan beberapa sentuhan ciri khas rumah minimalis modern. Secara teknis menurut saya, istilah rumah tropis terletak pada pemanfaatan tritisan atap yang lebih panjang dan jendela- jendela yang relative besar untuk memanfaatkan sisi keuntungan iklim tropis di Indonesia. Untuk menguatkan sisi tropis dilihat dari segi finishing, dengan perpaduan warna krem, coklat dan batu alam. Kesan modern itu memang relative, saya harap model rumah ini cenderung up to date nantinya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Konsep fasad

Bangunan ini memiliki lahan yang berukuran 10 x 18 m2. Dengan luas lahan yang cukup luas, opsi tata ruang sebetulnya lebih fleksibel, namun kebutuhan dimensi ruang yang cukup besar dan alokasi biaya juga menjadi pertimbangan dalam penyusunan tata ruang. Maka di dapatkanlah akomodasi satu kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam, serta 3 kamar tidur anak yang memiliki dimensi ruang cukup besar. Untuk 3 kamar tidur anak diberikan kelengkapan satu kamar mandi. Dengan kamar tidur yang semuanya memiliki bukaan udara dan cahaya. Secara umum rumah ini memiliki 3 akses sirkulasi udara dan cahaya, sehingga udara dalam rumah cukup segar dan taka da areal yang kurang cahaya.

Areal servis termasuk didalamnya dapur sengaja di letakkan di sebelah kanan bangunan dan diberikan akses cahaya dam udara  agar sirkulasi udara didalamnya bagus. Untuk toilet tamu, sengaja di letakkan di dekat Ruang tamu, agar ketika ada tamu yang mau ke toilet tidak perlu masuk ke dalam rumah terlalu jauh.

Bangunan ini, memiliki plafond yang tinggi. Seperti trend rumah- rumah sekarang. Rumah ini nyata menganut konsep terbuka untuk memberikan kesan luas, tidak menggunakan banyak sekat. Untuk R. Tamu, R. Makan, R. Kelurga saya letakkan segaris. Harus saya akui, rumah ini agak sulit bila dikatakan sebagai rumah tumbuh jikab dilihat dari sisi konstruksi atap dan fasadnya, jika direnovasi jadi dua lantai dalam waktu dekat tidak menguntungkan dari sisi biaya.

 

Fasad Depan

Bagikan