Deskripsi Proyek

Pada bulan April 2018 kami memperoleh order untuk Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai milik Bapak Utomo. Di perjumpaan di kantor kami yang beralamat di Jalan Ki Ageng Pemanahan no. 1 itu, beliau menyampaikan wishes/keinginan yang berkaitan dengan kos-kosan miliknya yang akan dibangun. Dengan luas lahan yang ada, beliau menginginkan untuk bisa mendapatkan jumlah kamar lebih dari 20 kamar kos, setiap kamar terdapat kamar mandi dalam dan AC, masing2 lantai terdapat ruang berkumpul, terdapat pula ruang musholla, ruang penjaga, dan ruang parkir motor untuk kurang lebih 20 an motor.  Target kosan ini bukanlah kosan eksklusif melainkan semi eksklusif, dikarenakan akses jalan yang kurang lebar jika dilalui kendaraan roda empat/mobil.

Setelah bertemu di kantor, kami langsung melakukan survey ke lokasi utk mengukur manual dan melihat kondisi lingkungan, spt jalan masuk, bangunan tetangga, kondisi air tanah dll. Survey ini penting dilakukan agar desain bisa masuk menyesuaikan kondisi lingkungan yg ada.

Dari hasil diskusi mengenai keinginan/wishes klien maka kami generate kan denahnya menjadi sbb:

Denah Rumah Kos 2 lantai

Denah Kos Jogja

A. Lantai 1

  • Utk lantai 1 terdiri dari 10 kamar kos berukuran antara 3×4 m s/d 3×4.6 m, dimana setiap kamar terdapat kamar mandi dalam. Khusus utk 2 kamar paling belakang terdapat waterheater. Selain itu terdapat fasilitas pendingin ruangan/AC dan interior lengkap, yaitu kasur,  lemari, dan meja belajar.
  • Terdapat garasi berukuran cukup besar yaitu 4×8 m yg bisa menampung motor sebanyak 26 buah.
  • Sesuai persyaratan IMB, maka disediakan 1 kamar khusus utk penjaga kos.
  • Ruang tamu ukuran 3.6×6 m disediakan utk tamu sehingga tdk perlu menerima tamu di dalam kamar.
  • Dapur pada bagian belakang disediakan jika ada anak kos yg ingin memasak atau menyimpan bahan makanan.
  • Disediakan tangga putar dibagian depan sbg alternatif naik turun utk kamar kos yg berada di lt. 2.
  • Terdapat void pd bagian belakang utk pencahayaan dapur dan penghawaan supaya dapur tdk panas.
  • Pada bagian halaman depan terdapat semi carport yg bisa digunakan utk parkir mobil ataupun motor.
  • Pada bagian tengah terdapat kolam ikan disertai dengan pompa sirkulasi 24 jam, yg akan memberikan efek gemericik sehingga membuat anak2 kos nyaman dalam belajar.
  • diatas kolam merupakan void yg panjang yg merupakan akses masuk cahaya dan perputaran angin, sehingga area kamar lt. 1 tetap terang dan tidak panas/sumuk.

A. Lantai 2

  • Terdapat 12 kamar kos yg ukurannya sama dgn yg di lt.1, begitupun fasilitasnya.
  • Pada bagian depan tersedia musholla berukuran cukup luas 3.5x4m disertai tempat wudhu nya, shg tidak perlu utk wudhu di masing2 kamar.
  • Terdapat ruang bersama/ruang TV utk kumpul2 anak kos.
  • Di depan kamar paling depan terdapat balkon yg cukup luas, yg bisa digunakan utk ngbrol2 santai anak kos.
  • Pada bagian belakang kami sediakan ruang cuci dan jemur, siapatau ada anak kos yg mencuci pakaiannya sendiri.
  • Tangga monyet kami sediakan utk maintenance tangki air dan pompa2 booster.

Secara umum desain dan penataan ruang ini sangat manusiawi sekali, karena banyak terdapat ruang2 komunal atau ruang utk bersosial, selain jg fasilitasnya yg cukup komplit tentunya.

 

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak Utomo

Penandatangan SPK

 

Desain Bentuk Bangunan 3D

Dari denah yg sudah fix kami modelkan bangunan versi 3D nya, sbb:

Desain Bagian Depan Rumah Kos

Tampilan fasad depan

Fasad depan bergaya minimalis modern dengan banyaknya jendela-jendela berukuran tinggi dan dipadukan dengan permainan topi-topi dan ban-ban-an.

Tampilan Tampak Atas

Dari tampak atas dapat dilihat jika atap pelana terdapat hanya di sisi utara dan selatan saja yaitu menutupi semua kamar-kamar kos, sedangkan bagian tengah antara kedua atap pelana tersebut merupakan dak yang ber-void di bagian selasar/tengah bangunan. Void itu bertujuan untuk penerimaan cahaya dan sirkulasi udara supaya tetap terang dan tidak sumpek.

Pelaksanaan Konstruksi

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak Utomo

Pembuatan sumur suntik

Langkah awal sekali sebelum pekerjaan konstruksi dimulai, yaitu 2 hal: sumur air bersih dan pasang listrik!. Kebetulan untuk project ini kadalaman air bersih tidak terlalu dalam, hanya 8 m saja, sementara untuk air permukaan cukup tinggi hanya kurang lebih 0.6-1 m dari permukaan tanah.

 

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak Utomo

Hasil Air tanah yg cukup jernih/layak

Alhamdulillah airnya sangat jernih sekali dan juga tidak berbau. Memenuhi syarat air layak minum.

 

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak UtomoPekerjaan penggalian fondasi telapak

Penggalian fondasi telapak dilakukan manual dengan cara mencangkul, menyerok, dan menumbuk. Untuk wilayah Jogja kedalaman fondasi telapak yang disarankan adalah 1.2 s/d 1.5 m tergantung kondisi dasar tanah, dan asumsi kuat dukung tanah sebesar 150 kN/m2.

Terlihat pula sekeliling bangunan sudah terpasang bowplank agar mudah menentukan as-as bangunan.

 

Pembangunan Pondasi

Pengecoran fondasi telapak

Agar mendapatkan kualitas telapak yang baik, maka pada bagian bawah telapak di alasi plastik cor sampai ke sisi samping, hal ini bertujuan agar air semen tidak meresap kedalam tanah yang berarti akan mengurangi kekuatan dari beton. Selain itu pula perlu diberikan/ganjel beton-beton tahu untuk selimut tulangan/besi agar momen tahanan dapat terjadi.

 

Progress pekerjaan s/d leheran kolom

Pengecoran berhenti dulu sampai tahap leheran fondasi, untuk dilanjutkan pembuatan fondasi batu kali yang menghubungkan semua kolom-kolom.

 

Pembesian balok sloof/tie beam

Pembesian balok sloof dilakukan di top permukaan pondasi batu kali menerus.

 

Progress s/d cor sloof

Pengecoran sloof, terdapat beda elevasi dikarenakan kontur tanah yang tinggi-rendah.

 

Pembuatan bekisting kolom

Pembuatan kolom memakai metode portal (bikin kolom terlebih dahulu, baru pasang bata) akan menghasilkan struktur yang lebih kuat, kokoh dan berkualitas.

 

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak Utomo Pipa AirPemipaan air kotor dan air bekas (plumbing)

Semua pemipaan air bekas dan air kotor harus ditempatkan dibawah sloof (tidak boleh menembus sloof, apalagi kolom), dibuat dengan kemiringan 1-2% memakai pipa 4 ” dan 6″ (pipa air kotor 6″ untuk antisipasi macet yang disebabkan pembalut dan sejenisnya).

 

 Progress s/d cor kolom lt.1

Hasil cor kolom lt. 1. terdapat overstek untuk koneksi pembesian balok dan kolom lt.2

 

Pembuatan bodeman balok

Pembuatan bekisting bagian bawah balok, di sanggah/disokong menggunakan bambu diemter 7-9 cm.

 

Penggalian lubang septictank dan sumur resapan menggunakan excavator, dikarenakan muka air tanah yg tinggi

Dikarenakan muka air tanah yang tinggi (hanya 60 centi dari permukaan tanah), maka agak sulit jika dilakukan penggalian secara manual, oleh karena itu kami memutuskan untuk menggali menggunakan excavator mini. Ini salah satu bentuk komitmen layanan kami yang tidak sekedar membangun akan tetapi memikirkan metode kerja yang terbaik untuk pembangunan rumah atau kos klien kami.

 

Mendesain dan membangun Rumah Kos 2 lantai Bapak Utomo "Bio Septitank"

Penanaman Bio Septictank

Kelebihan bio septictank adalah air yang melimpas dari bio tank ke sumur resapan tidak mencemari lingkungan, karena kotoran feses sudah di uraikan oleh bakteri-bakteri aerob di dalam septictank. Selain itu pula air yang keluar akan tersaring oleh desinfectan/klorin. Biotank ini walaupun berukuran kecil tapi bisa untuk kapasitas 15 orang dan tidak penuh hingga 10 tahun.

 

Pembuatan rangka bekisting utk pelat lantai

Bangunan kos ini tidak menggunakan pelat komposit/bondek atau sejenisnya dikarenakan klien kami lebih rekomen menggunakan pelat konvensional. Alhasil diperlukan banyak kaso-kaso, triplek, dan juga bambu untuk membuat bekistingnya.

 

Pembesian balok dan pelat lantai 2 (pelat konvensional)

Karena pelat konvensional, maka pembesian haruslah dibuat 2 lapis. Pembesian menggunakan besi 10 polos jarak 200 mm.

 

Pembesian tangga

Tangga harus memenuhi kaidah tangga yang ideal, mulai dari tinggi tanjakan, lebar injakan, tebal pelat, dan tinggi clearance minimal agar kepala tidak ngejedug.

 

Pengecoran balok dan pelat lantai 2

Pengecoran dalam volume yang banyak akan lebih cepat dan efektif menggunakan ready mix. Dikarenakan pengecoran harus selesai dalam satu hari, maka dari itu diusahakan agar tidak memulai terlalu siang.

 

Pengecoran menggunakan ready mix

Karena lokasi bangunan yang masuk kampung, maka ketika pengecoran berlangsung, jalan otomatis ditutup dan dialihkan.

 

Progress s/d cor kolom lt.2

Kolom-kolom lantai 2 sudah selesai cor, akan dilanjut dengan pembuatan bekisting ring-ring balok.

 

Pembesian balok top ring dan pelat top dak

Pembesian pelat dak konvensional, terdiri dari 2 lapis penulangan.

 

Pengecoran balok dan pelat dak top

Pengecoran harus selesai dalam satu hari, oleh karena itu sebisa mungkin pengecoran dilakukan mulai pagi hari dan melibatkan banyak pekerja.

 

Portal struktur 

Portal struktur bangunan sudah jadi. akan dilanjutkan pemasangan dinding bata (metode portal struktur  jauh lebih baik secara kualitas dibandingkan metode cor kolom naik bata)

 

Removing bekisting

Pembongkaran bekisting balok dan pelat. Sebagai informasi mutu beton mencapai 100% setelah berumur 28 hari dari pengecoran, dan untuk pembongkaran bisa dilakukan minimal 14 hari disaat beton mencapai 90% dari mutu yang direncanakan.

 

Setelah di waterproof, dilakukan water test/leaking test

Setelah cor pelat dak, dilakukan pelaburan lapisan waterproofing menggunakan produk silasec dari bondall Australia yang biasa dipakai untuk bangunan-bangunan gedung. Pelapisan dilakukan sebanyak 3 lapis, dengan cara satu hari dilakukan satu lapis, dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Sebaiknya pelapisan dilakukan ketika cuaca tidak terik, yaitu di pagi dan sore hari. Setelah di waterproof, dilakukan uji kebocoran dak / leaking test dengan cara direndam air dan dipantau selama 2-4 hari. Bagian yang dipantau adalah dasar dak, di cek apakah terdapat rembes/ngompol atau tidak, dan di cek ketinggian muka air rendaman, apakah berkurang drastis atau tidak. Jika hanya berkurang sedikit adalah wajar dikarenakan penguapan efek panas matahari. Setelah 3-4 hari, semua kondisi di cek dalam keadaan aman tiada kebocoran/rembes, maka air bisa di rilis emlalui lubang pipa2 downspout/pipa paralon vertikal. Setelah itu keesokan harinya dapat dilakukan penutupan lapisan waterproof dengan plesteran, sekaligus dibentuk kemiringannya untuk jalur drainasi air hujan. Selain itu plesteran ini berfungsi agar lapisan waterproof aman/terlindung dari cuaca ataupun dari orang-orang yang menginjak untuk maintenance.

 

Pemasangan rangka kuda2 blue truss

Rangka atap menggunakan blue truss yang anti karat. Untuk kaki tumpuan kami pasangkan 2 angkur/dynabolt di setiap kaki (standart kuda-kuda baja ringan hanya 1 angkur), hal ini agar rangka atap memiliki kemampuan lebih terhadap bahaya angin puting beliung yang sering terjadi di Jogja. Untuk penutup atap pada proyek ini menggunakan genteng metal pasir KW 1 .

 

Penampakan rangka kuda2 yg sudah dilapis alumunum foil

Alumunium foil berfungsi untuk memantulkan panas matahari, sehingga ruangan dibawah atap tidak terlalu panas. Selain itu pula terdapat fungsi tambahan yaitu menangkal kebocoran titik, sehingga tair tdk jatuh ke plafon.

 

Progress bulan ke-5

Bisa diperhatikan di foto, untuk dinding lantai 1 menggunakan bata merah, sementara untuk dinding lantai 2 menggunakan bata ringan. Mengapa demikian? mengapa lantai 2 tidak dipasang bata merah juga?. Kami mempunyai penjelasan sbb: Dinding bata merah ditempatkan di lantai 1, selain berfungsi sebagai dinding, pasangan bata merah dapat memper-kaku bangunan, terutama di lantai 1. Dengan demikian membuat bangunan lebih aman terhadap goyangan dalam hal ini gempa. Untuk lantai 2 sengaja menggunakan bata ringan, karena dengan beratnya yang ringan (1/4-1/5 nya berat bata merah), maka struktur yang dibebani jg akan hemat dari segi pembesian dan dimensi nya, dengan demikian terdapat penghematan biaya di fondasi, kolom, dan baloknya. Untuk mengantisipasi agar plesteran bata ringan tidak tipis adalah dengan tidak menggunakan plesteran instan, melainkan tetap menggunakan campuran plester biasa yaitu pasir dan semen, akan tetapi kami campurkan tambahan obat khusus yaitu MP-20 agar campuran lebih rekat dan waterproof.

 

Pemipaan air kotor dan air bekas utk toilet lt.2

Walaupun hanya bangunan 2 lantai, tapi kami tidak serampangan dalam mengerjakan semua hal, termasuk pemipaan air kotor dan bekas ini, dan semua pemipaan sudah kami desain untuk tidak berada diluar bangunan ataupun terlihat oleh mata yang akan memberi kesan jorok. Semua pemipaan kami tanak didalam dinding atau diatas plafon sehingga ruangan terlihat rapih dan bersih.

 

Progress bulan ke-7

Progress bulan ke-9

Untuk pekerjaan plesteran, campuran yang kami gunakan adalah 1:6 (1 semen : 6 pasir) tanpa mill/kapur, sudah termasuk kategori bagus untuk menghasilkan plesteran yang hitam dan kokoh.

 

Pemasangan granit lt.2

 

Pengecatan melamin kusen, pintu, dan jendela

Semua kusen, pintu, dan jendela di finish melamin spray. Proses melamin ini cukup lama, mulai dari sanding, filler, kemudian baru cat final dan clear, setiap tahapan selalu di amplas agar permukaan halus dan bisa menampakkan serat jati nya.

 

Kolam ikan ditengah2 selasar 

Kami menempatkan kolam ikan pada selasar diantara kamar pada bagian belakang, untuk mendapatkan kesan relaksasi dari bunyi gemericik air pancuran.

 

Pemasangan kaca depan

Kaca sengaja dibuat lebar untuk mendapatkan asupan cahaya yang maksimal kedalam ruangan, apalagi di ruangan kumpul dan musholla.

 

Pemasangan Solar tuff di void selasar

 

Akhirnya kami pasangkan solartuff pada bagian void selasar agar air hujan tidak membuat becek lantai selasar. Perlu dicatat bahwa grade solartuff ini lebih tinggi dibanding polycarbonat flat, karena solartuff tahan UV dan awet hingga 15 tahun.

 

Progress minggu ke-10

 

Skylight utk pencahayaan pd void tangga

Skylight sederhana dari kaca tempered 8 mm untuk pencahayaan pada void tangga.

 

Water torn 

Tangki di proyek ini ada 2 x 1000 liter, 1 tangki untuk melayani kamar di baris utara, 1 tangki lainnya melayani baris selatan. Agar arus air yang keluar kran bisa deras maka kami pasangkan 2 buah pompa booster di masing-masing tangki. Kami membuatkan akses khusus untuk maintenance ke dak tangki ini.

 

Bisa parkir mobil jika ada sanak saudara yg mengunjungi

 

Fisik Bangunan Jadi

dan berikut ini adalah foto-foto bangunan yang telah jadi.

Perspektif via drone

 

Fasad depan

 

Pintu Garasi

 

Hiasan batu paras ukir

 

Fasad depan malam hari

 

Penampakan dari pintu utama lt.1

 

Penampakan dari ruang kumpul lt.2

 

Selasar kamar lantai 2

 

Dapur

 

Kamar mandi include water heater

 

Interior kamar (sudah include interior)

 

Ruang kumpul lt.2 dan musholla

 

Desain 3D vs Fisik Jadi

 

Jika anda berminat utk membangun rumah atau kos2an dengan kualitas bangunan baik,

silakan amanahkan kepada kami Niscaya Arsitek “membangun dengan hati”

 

Our pride team

Client:Mr. Utomo
Location:Ngebel, Bantul
Bagikan