Deskripsi Proyek

Pembangunan dan Pembuatan Basement Mr. Hevy di Yogyakarta. Pada bulan November 2018 kantor kami kedatangan klien dari Donotirto, Bantul. Beliau menjelaskan bahwa disebelah rumahnya terdapat lahan kosong yg rencananya akan dijadikan basement dan kamar, dimana utk lantai atasnya bisa connecting atau nyambung ke bangunan eksisting. Di tanggal survey yg telah disepakati akhirnya kami survey ke lokasi. Awalnya kami merasa nyasar, dikarenakan jalan menuju lokasi cukup rusak dan mendaki bebukitan berkontur lumayan curam. Akan tetapi begitu kami sampai di lokasi, perasaan kami berubah menjadi takjub, karena lokasi rumah sangat asri sekali, masih banyak pepohonan, dan tidak begitu banyak warga/penduduk.

Bangunan eksisting

Lokasi pembangunan

 

Dikarenakan klien merupakan lulusan Teknik Sipil ITB, maka beliau sangat concern akan kekuatan dan keamanan bangunan, apalagi kaitannya dengan besmen yg berada dibawah muka tanah bangunan utama. Setelah dipikir matang2 dan ditinjau dari beberapa aspek termasuk biaya dan metode kerja, maka kami putuskan utk bagian dinding besmen kami gunakan dinding beton, dimana pada bagian yg kontak dgn tanah kami pasangkan pelat bondek/floor deck. Pada bagian dalam dinding dipasangkan pembesian satu lapis. Secara visual dan empiris di lapangan sebenernya tanah di lokasi ini sudah cukup keras bahkan cadas, akan tetapi utk mengantisipasi hal2 yg tidak diinginkan dikemudian hari, maka dari itu kami putuskan utk membuatkan dinding beton ini walaupun hanya dengan pembesian satu lapis ditambah pelat floordeck. Untung saja tim kami terdapat civil engineer, yang dapat memberikan ide dan solusi teknis kepada klien berkaitan dengan kondisi lahan.

 

Desain bangunan 3D

Tampak Perspektif Bangunan (connecting bangunan eksisting dan bangunan baru)

Tampak Perspektif dari sudut lain

Tampak Perspektif belakang

Berikut adalah denah rencana bangunannya.

Denah rencana bangunan

Bagian yang diarsir merah adalah rencana bangunan baru, yg pd lt atasnya akan disambungkan dgn bangunan eksisting pas di posisi ruang tamu eksisting.

 

Fase Konstruksi

Penggalian tanah utk fondasi telapak (cukup keras dikarenakan tanah kapur)

 

Penggalian fondasi

 

Pembesian sloof dan dinding penahan tanah (DPT)

 

Pemasangan floordeck pd dinding beton

 

Pengecoran dinding beton dan kolom

Dinding beton, pemasangan bodeman balok

Pembuatan bekisting balok

Pembesian pelat komposit

Pengecoran balok dan pelat lantai

Pemasangan dinding bata ringan; Pembuatan topi2 dan balok gantung

 

Pembuatan tangga luar dan tangga dalam

Plesteran balok ring

Pemasangan rangka atap baja ringan

Hasil pengecoran ruangan besmen

Progress 80%

Progress bagian belakang, samping, dan depan

 

Kondisi Fisik Final

Tampak depan

Tampak depan dengan bangunan eksisting

Tampak Perspektif belakang

Suasana besmen

Tampak depan dari luar pagar

 

Jika anda berminat utk membangun rumah atau kos2an dengan kualitas bangunan baik, pengawasan baik, kordinasi baik, silakan amanahkan kepada kami Niscaya Arsitek

“membangun dengan hati”

 

 

 

 

Bagikan