Blog

besi beton behel

Harga, Jenis dan Ukuran Besi Beton Behel beserta Panjangnya

besi beton behel

Harga, Jenis dan Ukuran Besi Beton Behel beserta Panjangnya

Deskripsi : Pondasi semakin kokoh dengan penggunaan besi beton behel, kini harga besi behel semakin bervariasi, tergantung ukuran, diameter dan jenisnya.

======================================================================

Besi jadi material penting untuk pembangunan rumah, apalagi besi behel atau yang lebih banyak dikenal dengan besi beton behel. Bahkan harga besi behel cukup bervariatif, ini bergantung pada jenis besi, kualitas dan ukurannya.

Besi yang biasanya digunakan untuk pondasi bangunan seperti perumahan, pertokoan atau gedung berukuran 6 mm hingga 16 mm. Hal ini bergantung pada besarnya bangunan. Besi behel biasanya digunakan untuk penulangan konstruksi beton seperti cakar ayam yang dikenal juga sebagai beton bertulang.

Beberapa Jenis Besi Behel

Bagi orang awam tentu kesulitan memilih jenis besi behel yang akan digunakan untuk model bangunan tertentu. Perlu diketahui terlebih dahulu, ada dua jenis besi pertulangan yaitu besi polos dan ulir. Ciri Besi polos permukaan licin dan halus.

Lain halnya dengan konstruksi besi ulir yang memiliki struktur ulir atau memiliki pola tertentu. Besi ulir ukurannya lebih besar dari besi polos dan harganya lebih mahal. Hal ini karena besi ulir memiliki ketahanan lebih bagus dan cocok untuk konstruksi bangunan besar.

Cara Pemilihan Besi Behel Berkualitas Premium

Sudah paham perbedaan jenis dari besi behel, Anda juga harus paham bagaimana cara memilih besi behel berkualitas agar tidak dicurangi penjual. Ini bisa dilihat secara fisik dan tidak membutuhkan keahlian khusus tukang bangunan. Caranya sebagai berikut ini.

Pastikan Besi Berstandar SNI

Sekarang semua besi yang dijual sudah memiliki standar dan ada tulisan SNI. Lihat saja di ujungnya, pasti ada tanda SNI yang timbul, bukan hanya terlihat namun terasa. Anda akan dengan mudah mengenali besi behel berkualitas.

Contoh besi behel dengan standar SNI seperti besi Krakatau steel atau dikenal dengan besi beton KS. Ada juga besi beton MSI, besi beton HJ dan besi beton MS.

Warna Besi Behel Beton

Bukan hanya standar SNI yang harus ditemukan pada besi beton behel, tapi konsumen bisa mengamati dari warna besi. Memang tidak seluruhnya, tapi akan muncul coretan pada bagian besi beton yang bisa dengan mudah dikenali.

Misalkan besi beton dengan coretan warna merah merupakan besi kelas BjTP 30 dengan ketebalan 7 mm, cocok untuk cakar ayam bangunan satu lantai. Lain halnya kalau Anda menemukan besi behel dengan warna kuning, ini merupakan kelas BjTD 40 yang memiliki ketebalan hingga 9,5 mm, bisa polos atau ulir.

Perhatikan Kebutuhan Besi Behel pada Bangunan

Memang semakin tebal besi behel maka kekuatan akan semakin besar dan bangunan jadi lebih kokoh, namun sebaiknya konsultasikan pada tukang bangunan atau arsitek yang menangani pembangunan. Karena besi beton harus menyesuaikan kebutuhan. Ini bukan hanya masalah harga saja.

Apalagi untuk membuat pondasi awal, pastikan memilih pertulangan besi beton behel yang tepat. Jangan sampai ukurannya terlalu kecil atau terlalu besar, ini akan berpengaruh pada kekuatan bangunan jangka panjang.

Apalagi untuk konstruksi dua lantai atau lebih, pastikan memperhitungkan penggunaan besi beton dengan tepat.

Daftar Harga Besi Behel Satuan Semua Ukuran

Sudah memperhitungkan jumlah besi behel yang akan dibeli nantinya. Ini akan menentukan kekuatan pondasi, apalagi jika digunakan untuk cakar ayam. Kalau masih ragu soal budget, Anda bisa melihat daftar harga besi behel berikut ini untuk referensi sebelum membangun rumah idaman.

Harga Besi Behel Beton Per Kilogram

Tipe Besi Harga Diameter
Besi Beton Rp. 18.500 / Kg 6 mm
Besi Beton Rp. 38.500 / Kg 8 mm
Besi Beton Rp. 57.500 / Kg 10 mm
Besi Beton Rp. 88.500 / Kg 12 mm
Besi Beton Rp. 140.000 / Kg 16 mm

Harga Besi Behel Beton Per Satuan

Tipe Besi Harga Diameter dan Ukuran
Besi Beton Behel Full Rp. 16.000 – Rp. 27.000 Diameter 6 mm
Besi Beton Behel SNI Rp. 32.000 – Rp. 45.000 Diameter 8 mm
Besi Beton Behel SNI Rp. 38.000 – Rp. 50.000 Diameter 10 mm
Besi Beton Behel SNI Rp. 70.000 – Rp. 88.000 Diameter 12 mm
Besi Beton Behel SNI Rp. 135.000 – Rp. 150.000 Diameter 16 mm
Cakar Ayam Rp. 40.500 Ukuran 40 x 40 cm, Diameter 8 mm
Cakar Ayam Rp. 52.000 Ukuran 50 x 50 cm, Diameter 8 mm
Besi Rangka Rp. 29.000 Ukuran 3 m , Diameter 8 mm
Besi Rangka Rp. 35.000 Ukuran 3 m, Diameter 10 mm

Tidak perlu pusing lagi memilih mana besi beton berkualitas bukan, bahkan sudah ada referensi kisaran harga besi behel untuk semua ukuran. Ada yang dijual per kilogram atau satuan, lebih menguntungkan membeli per kilogram tapi kalau hanya butuh dalam jumlah kecil, lebih baik membeli satuan saja.