Blog

5 Tips Ini Sebelum Memilih Jasa Desain Interior Murah di Jogja

Ketahui 5 Tips Ini Sebelum Memilih Jasa Desain Interior Murah di Jogja

Memilih jasa desain interior murah di Jogja memang perlu berhati-hati. Pasalnya, di tempat ini Anda akan menemukan cukup banyak layanan dengan harga terjangkau namun belum terbukti kualitasnya. Jika sampai salah pilih, maka budget yang dikeluarkan bisa menjadi sia-sia.

Oleh karena itu, dengan melakukan beberapa tips berikut ini diharapkan Anda bisa menemukan layanan secara tepat. Meskipun tetap tidak memberikan jaminan seutuhnya, setidaknya kemungkinan mendapatkan jasa kurang berkualitas bisa diminimalkan.

Lima Tips Memilih Jasa Desain Interior Murah di Jogja

Ada banyak sekali keuntungan bisa didapatkan apabila sudah menemukan jasa desain interior murah di Jogja dengan tepat. Sebagai contoh, hasil desain akan lebih berkualitas karena dikerjakan oleh profesional di bidangnya. Berikut adalah beberapa tips lengkapnya.

  1. Mengecek Portofolio

Sebenarnya hal ini berlaku tidak hanya pada memilih layanan desain interior saja, melainkan hampir semua layanan. Salah satu alasan kenapa portofolio menjadi penting adalah karena Anda bisa mengetahui gambaran bagaimana hasil kerja dari jasa tersebut.

Biasanya penyedia layanan yang berkualitas akan memiliki cukup banyak portofolio, terlebih jika sudah beroperasi cukup lama. Jangan ragu untuk menanyakan hal tersebut kepada mereka karena calon pelanggan berhak melihatnya.

Cobalah melihat dengan cermat portofolio tersebut, apakah masih terdapat kekurangan atau sudah cocok dengan rencana Anda. Perhatikan bagaimana detail pengerjaan, pemilihan kombinasi warna, dan lain-lain. Jika memang dirasa baik, maka Anda bisa mempercayakan kepada mereka.

Sebaliknya, apabila terdapat keraguan seperti detail kurang baik, maka calon pelanggan berhak untuk menunda. Silahkan cari tempat lain dan bandingkan mana portofolio terbaik sesuai dengan kebutuhan.

  1. Memeriksa testimoni

Testimoni hampir sama dengan portofolio, yakni sangat membantu dalam memilih jasa yang tepat. Hanya saja, jika portofolio adalah gambaran hasil pengerjaan sebelumnya, maka testimoni merupakan pendapat dari pelanggan sebelumnya.

Testimoni pada umumnya dapat dilihat di akun sosial media atau website. Oleh karena itu, cobalah meluangkan waktu untuk melihat apakah layanan tersebut memiliki testimoni pelanggan sebelumnya atau tidak.

Selain lewat website atau sosial media, Anda juga bisa mencari testimoni dari kerabat atau teman yang pernah menggunakan jasa tersebut. Cara ini akan memungkinkan mendapatkan hasil lebih akurat karena tidak sedikit layanan menggunakan testimoni palsu.

  1. Merencanakan budget

Bisa dibilang dua langkah di atas adalah fondasi utama yang wajib dilakukan. Setelah melakukannya, maka Anda bisa berfokus ke hal lain, salah satunya adalah melakukan budgeting atau merencanakan pengeluaran total untuk pengerjaan desain.

Pertama-tama, silahkan catat terlebih dahulu berapa budget yang tersedia untuk mendesain interior. Setelah itu, mulai buat daftar perkiraan apa saja keperluan dalam seluruh pengerjaan, mulai dari pekerja, konsumsi, material, biaya layanan, dan lain-lain.

Ketika dua hal ini berhasil dicatat, cocokkan apakah budget mencukupi kebutuhan tersebut. Apabila tidak, maka rencanakan ulang perkiraan pengeluaran seperti mengganti bahan lebih murah atau mengurangi hal-hal tertentu.

  1. Mencari harga terbaik

Karena fokus utama adalah mendapatkan pelayanan terbaik dengan harga terjangkau, maka sangat penting dalam mendapatkan angka terbaik. Luangkan waktu untuk melakukan survei harga, baik secara offline maupun online.

Apabila jasa tersebut memiliki website, maka silahkan hubungi bagian customer service dan tanyakan terkait biaya layanan. Akan tetapi, beberapa mungkin belum mempunyai website atau sedang mengalami gangguan sehingga Anda perlu survei secara langsung ke lokasi.

Setidaknya cari minimal lima tempat dan bandingkan biaya yang dibebankan. Dari data ini, maka akan didapatkan biaya rata-rata dengan layanan serupa. Silakan pilih paling mendekati dengan rata-rata tersebut.

  1. Konsultasi langsung

Apabila masih merasa kebingungan, mulai dari pemilihan desain hingga proses pengerjaan, maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan ahlinya. Anda bisa bertanya pada kerabat yang dirasa berkompeten guna menentukan desain sesuai karakter rumah atau bangunan.

Selain itu, beberapa jasa juga menyediakan layanan konsultasi gratis kepada calon pelanggan. Manfaatkan fasilitas tersebut sebaik-baiknya demi mendapatkan hasil terbaik. Jangan sampai uang terbuang sia-sia hanya karena malu berkonsultasi sehingga hasilnya kurang memuaskan.

Kesimpulannya, tips memilih jasa desain interior murah di Jogja tersebut perlu dilakukan terlebih dahulu. Ada beberapa alasan kenapa tips ini begitu penting, salah satunya adalah meminimalkan risiko terjadi over budgeting, kualitas buruk, atau desain tidak sesuai ekspektasi.

Pasalnya, meskipun murah, namun Anda tetap perlu mengeluarkan sejumlah uang dan akan rugi apabila uang tersebut terbuang sia-sia. Jadi, jangan terlalu tergesa-gesa dan lakukan kelima cara di atas.