Blog

Tren Terbaru Desain Arsitektur di Jogja

Tren Terbaru Desain Arsitektur di Jogja: Inovasi dan Estetika

Apabila membahas tentang tren desain arsitek Jogja, maka dapat dibilang cukup menarik. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, selera desain tersebut mulai mengalami pergeseran terutama di kalangan anak muda.

Hal tersebut sebenarnya tidak mengherankan karena yang namanya tren arsitektur pasti akan berkembang berdasarkan perkembangan zaman. Biasanya, tren tersebut dipengaruhi dengan selera hingga preferensi orang-orangnya sendiri dalam melihat arsitektur bangunan.

Dari berbagai desain masa kini, terdapat beberapa tren yang banyak disukai oleh masyarakat Jogja modern. Berikut ini adalah beberapa referensi dari tren desain bangunan yang penuh inovasi dan estetika tersebut.

Tren Desain Arsitektur di Jogja Terbaru

Berbicara tentang tren desain arsitek Jogja, pastinya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, sekarang sudah ada banyak referensi desain modern dan futuristik yang menjadi selera dari masyarakat Yogyakarta.

Namun, dari banyaknya desain tersebut terdapat beberapa yang menjadi tren terbaru. Berikut adalah pembahasan terkait dengan berbagai macam desain arsitektur yang sedang tren di daerah Yogyakarta.

  1. Futuristik

Tren pertama adalah gaya arsitektur futuristik. Salah satu arsitek dengan gaya futuristik yang terkenal adalah Zaha Hadid. Ciri dari desain futuristik adalah tidak mempunyai sudut, menggunakan warna basic seperti putih atau colorless, serat bentuk bangunannya sangat dinamis.

Hal tersebut membuat karya arsitektur seperti ini menjadi ikon dari area pembangunannya. Umumnya, desain tersebut banyak dipilih untuk digunakan pada pembangunan skala besar atau komersial, namun saat ini hal tersebut perlahan mulai diminati sebagai desain residensial.

Bisa dilihat bahwa saat ini banyak bangunan rumah dengan arsitektur futuristik dan berani. Kondisi tersebut menjadi pertanda bahwa jenis arsitektur tersebut saat ini sudah mendapatkan tempat tersendiri dan banyak peminatnya.

Pada penerapannya, tema futuristik tidak secara penuh membuat kesan homey pada rumah menjadi hilang. Bahkan, lebih jauh lagi gaya tersebut dipercaya menjadi penerus kuat saat gaya modern sudah mulai ditinggalkan nanti.

Baca Juga : Gambar dan Desain Rumah Modern, Mewah dan Minimalis

  1. Retro dan Vintage

Berikutnya ada juga tren menggunakan konsep arsitektur bertema retro dan juga vintage. Konsep zaman dulu seperti ini ternyata sekarang mulai banyak dipilih dan diterapkan pada berbagai macam bidang termasuk arsitektur.

Memberikan kesan zaman dulu pada hunian bahkan menjadi tren populer di kalangan kawula muda. Pemilihan tema tersebut dirasa dapat memberikan kesan nyaman, unik, dan tetap estetik terhadap bangunan rumah.

Tidak hanya dalam hal desain saja, material seperti ubin keramik serta perabotan bergaya vintage juga ikut diaplikasikan ke bangunan. Mempunyai desain unik membuat tren tema vintage ini cepat sekali populer di kalangan masyarakat umum.

Menariknya, selain sebagai hunian, pemilihan tema vintage hingga retro juga dijadikan sebagai bahan foto yang instagramable di kalangan anak muda. Hal itu didukung juga dengan adanya aplikasi barang-barang jadul seperti radio tua, piringan hitam, dan barang-barang vintage lainnya.

Meskipun mengusung tema jadul, namun ternyata konsep ini dapat secara luas untuk dilakukan eksplorasi. Tidak heran apabila hingga saat ini, konsep tersebut masih menjadi tren bagi orang-orang yang menginginkan rumah bergaya estetik, hangat, dan tetap terasa homey.

  1. Industrial

Konsep bangunan industrial tentunya sudah cukup familiar di kalangan masyarakat umum. Hal tersebut terjadi karena memang arsitektur seperti itu sedang menjadi tren dalam beberapa waktu terakhir.

Pada awal mulanya, penerapan dari konsep rumah industrial ini hanya pada ruang komersial publik. Namun, seiring perkembangan minat dan pola pikir masyarakat, tema tersebut juga digunakan pada rumah hunian seperti untuk desain kamar tidur.

Pemilihan konsep industrial juga sangat cocok bagi orang yang ingin bangunannya anti mainstream. Pasalnya, gaya tersebut menggunakan elemen arsitektur yang masih belum banyak diterapkan sebagai bagian dari bangunan.

Sampai sekarang, gaya industrial ini masih banyak diminati karena masih sering muncul produk konvensional bertema industrial seperti keramik beton sampai dengan pipa dekoratif sebagai pelengkap tampilan khas industrial.

Hal menarik dari tema industrial ini adalah adanya kebebasan dalam mengeluarkan ekspresi dan kreasi karena banyak material tak lazim yang digunakan. Meskipun begitu, rumah tetap dapat digunakan secara nyaman oleh para penghuninya.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa terdapat beberapa desain arsitek jogja yang sedang tren. Tren desain arsitektur tersebut antara lain adalah gaya futuristik, retro and vintage, dan industrial.

Tentunya semua konsep dari desain tersebut mempunyai keunikan masing-masing. Akan tetapi, dibalik dari konsep apa yang digunakan, tujuan utamanya adalah membuat rumah menjadi nyaman dan terasa homey saat ditinggali.